Selasa, 12 Juni 2012

APA ITU RUMAH MINIMALIS?


Pengertian Rumah Minimalis
Selama ini kita hanya menginginkan agar rumah kita bergaya minimalis. Padahal, mem bangun rumahminimalis itu bukan hanya semata-mata dalam hal gaya arsitekturnyaUntuk pengaplikasian rumah minimalis harus mengikuti pula gaya hidup yang sesuai.




Jangan salah mengenai Pengertian Rumah Minimalis
Gaya minimalis itu mengacu kepada gaya hidup. Gaya bangunan minimalis itu sendiri sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup Zen, berasal dari Jepang. Zen, beranggapan semakin sedikit perabotan atau benda yang  kita gunakan atau miliki, maka semakin tenanglah kehidupan seseorang. Itulah sebabnya pada gaya desain rumah minimalis sedikit sekali menerapkan atau bermain warna. Dalam penataan desain interior nya juga sesedikit mungkin menaruh furnitur.
Dalam ruang keluarga misalnya, tidak perlu menaruh banyak kursi dan sofa. Bahkan jikalau perlu, cukuplah dengan menaruh karpet serta beberapa buah bantal sebagai tempat duduk. Begitu juga dengan kamar tidurnya, jika memang Anda ingin menerapkan gaya minimalis, maka pakai saja futon , seperti di negaranya, Jepang. Dengan begitu, bila tidak digunakan, dapat digulung lalu disimpan. Ruangannya pun bisa digunakan untuk aktifitas lainnya. Intinya adalah, semakin sedikit barang kita yang ada di sana, semakin minimalislah gaya rumah Anda 
Seperti yang telah kita ketahui selama ini, orang hanya beranggapan bahwa gaya minimalis sebagai tren. Padahal minimalis tersebut lebih identik dengan gaya hidup yang akhirnya berimbas kepada desain dan gaya arsitektur sebuah rumah. Jika gaya hidup anda tidak minimalis, pastinya tidak akan nyaman jika anda memiliki rumah dengan gaya minimalis. Jadi Anda jangan asal “minimalis”, gaya hidup anda juga harus dirobah.



Desain Ruang Tamu
Menjelang perayaan hari besar atau tahun baru, ruang tamu tentu menjadi area yang sangat penting, berhubung akan ada banyak tamu berkunjung ke rumah anda untuk bersilaturahmi. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang berburu furnitur baru untuk merobah penampilan desain interior sekadar merobah suasana interior ruang agar menjadi lebih nyaman dan trendy.
Berikut ini adalah tips-tips sederhana untuk menata salah satu interior rumah anda yaitu desain ruang tamuyang semoga saja bisa menginspirasi untuk mempercantik ruang tamu.
1.Sofa dan Meja
Pemilihan sofa dan meja sebaiknya sesuaikan dengan desain dan tema dari desain rumah anda secara keseluruhan. Apakah rumah anda bergaya minimalis modern, klasik Eropa, atau tradisional.
Sebagai contoh, bila Anda menyukai ruang tamu dengan nuansa etnis Jawa tentu akan lebih sesuai bila menggunakan furnitur terbuat dari kayu ukiran Jepara nan cantik serta berkesan antik. Umumnya ukiran ini terbuat dari kayu jati yang tua dengan kualitas tertentu. Bila dirasa terlalu mahal, kita juga bisa mensiasati dengan memakai replikanya yang terbuat dari bahan kayu yang sedikit lebih murah, hingga harganya bisa lebih terjangkau. tapi, tidak menutup kemungkinan memilih sofa dengan motif dari kain yang berkesan klasik serta antik.
2.Lampu
Yang juga perlu Anda diperhatikan ialah masalah pencahayaan. Tak bisa dipungkiri jika lampu berperan penting dalam penampilan ruang tamu Anda secara keseluruhan. Sebaiknya sebelum membeli lampu, lakukan perburuan tipe serta jenis lampu lebih dulu. Caranya bisa mendatangi pusat penjualan lampu, melihat katalog lampu, atau browsing di internet.
Tapi bila ingin menggunakan tema atau nuansa etnis Jawa, tidak ada salahnya jika kita menggunakan lampu kuno atau antik. Lampu jenis ini, Anda bisa mencarinya di pasar loak seperti Jatinegara atau Jl. Surabaya Jakarta, biasanya jika kita beruntung bisa mendapatkan barang-barang yang boleh dikatakan antik dengan harga murah.
3.Hiasan
Hal lain yang penting untuk Anda diperhatikan adalah ornamen atau hiasan dalam ruang tamu tersebut. Sebaiknya hiasan di ruang tamu tidak terlalu berlebihan, jika memajang hiasan atau barang-barang yang tidak perlu dan terlalu ramai, justru membuat ruang tamu tersebut terkesan berantakan dan semrawut. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda bijak dalam memilih serta menentukan apa yang pantas dipajang di ruang tamu tersebut. (sumber: www.kompas.com)

Desain Interior Dan Pemasaran

Salah satu cara developer dalam memasarkan rumah ialah dengan memamerkan rumah contoh lengkap dengan desain Interior. Peranan desain interior sangatlah penting dalam mempengaruhi secara emosional si calon pembeli, ini jg bisa membentuk wawasan serta pengetahuan baru kepada konsumen tentang bagaimana mengatur sebuah ruang beserta isinya agar terlihat menarik dan fungsional. Biasanya konsumen akan lebih menilai sebuah rumah dari tampilan desain interior. Di samping itu desain interior dari sebuah rumah juga dapat mencerminkan statur dari pemilik rumah atau developernya.
Dalam pelaksanaannya desain interior telah disesuaikan dengan gaya desain rumah secara keseluruhan serta ide dari arsitek dan keinginan pemilik rumah dan tentunya faktor trend juga mempengaruhi dalam penentuan sebuah ide desain tersebut.
Kota Baru Parahyangan untuk memasarkan rumahnya juga menggunakan rumah contoh lengkap dengan desain interior. Dan pada setiap tipe rumah atau setiap cluster di rancang berdasarkan dari konsep 3 (budaya, sejarah pendidikan) dan tentunya telah disesuaikan dengan tren yang berkembang saat ini. Dalam penggunaan material juga telah disesuaikan dengan harga rumah dan target pasar.
Keseluruhan desain interior pada rumah contoh yang ada di  Kota Baru Parahyangan dirancang dan dikerjakan oleh arsitek interior yang terkenal, juga penggunaan bahan ( furniture, accessories juga memakai) merk-merk ternama. Semua investasi yang telah dikeluarkan di desain interior rumah contoh menjadi “kail” yang baik bagi percepatan penjualan rumah.
Di samping keberadaan rumah contoh lengkap dengan desain interior, di Kota Baru Parahyangan juga telah hadir dan beroperasi Cellini Flagship Store terbesar di regional Asia. Di Cellini Flagship Store ini juga dilengkapi dengan 14 brand ternama, hingga semua pembeli / penghuni / pengunjung Kota Baru Parahyangan bisa mewujudkan impian dalam mendesain, mengisi dan melengkapi interior rumah mereka. Bukan itu saja Cellini juga bisa membantu mewujudkan desain interior rumah lewat trend desain interior.

0 komentar: